Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Untuk Membentuk Mentalitas Siswa Menghadapi Tindakan Perundungan (Bullying) Dalam Pergaulan

Rizal Honya, Jakson Sespa Toisuta

Abstract


Abstract: These days there are increasing cases of bullying that occur among school students. As a result of bullying, students who becomevictims experience verbal and physical violence. The worts consequence is that there are students who end their lives by committing suicide because of shame and severe depression. Based on this phenomenon, this research aims to provide a theoretical contribution to understanding wich is studied based on the values of Biblical truth assimilated with science in general, regardinghow Christian Religious Educatin teachers in schools should carry out their role in cultivating and improving the mental strength of student when facing bullying in social situations. The research method used is descriptive qualitative with a literature study approach (library research). Researchers collect data in the form of theories related to research topics sourced from scientific journal articles, book and the Bible. The data obtained was then collected and mixed ideas and data elaboration were carried out, discussions were carried out and conclusions were drawn to answer the research problem. The results of the research are that a Christian Religious Education teacher must carry out his duties and responsibilities by implementing his role not only as a teacher, but also must act as a motivator, facilitator, counselor, inspirer and mentor for students guided by Biblical truth to grow and improve the student’s mentality when experiencing social bullying.

Key words: bullying; Christian Religious Educatin; Christian Religious Education teacher, student’s mentality;

 

Abstrak: Hari-hari ini sedang maraknya kasus perundungan (bullying) yang terjadi dalam pergaulan siswa sekolah. Akibat perundungan, siswa yang menjadi korban mengalami kekerasan secara verbal maupun tindakan fisik. Akibat paling buruknya adalah, ada siswa yang sampai mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena malu dan depresi berat. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini hadir dengan tujuan untuk memberikan sumbangsih pemahaman secara teoritis yang dikaji berlandaskan nilai-nilai kebenaran Alkitab yang diasimilasikan dengan ilmu pengetahuan secara umum, tentang bagaimana seharusnya guru Pendidikan Agama Kristen di sekolah melaksanakan perannya dalam menumbuhkan dan meningkatkan kekuatan mentalitas siswa ketika menghadapi tindakan perundungan dalam pergaulan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur (library research). Peneliti mengumpulkan data berupa teori yang berhubungan dengan topik penelitian yang bersumber dari artikel jurnal ilmiah, buku, dan Alkitab. Data yang diperoleh kemudian dikumpulkan dan dilakukan mixing ide serta elaborasi data, dilakukan pembahasan dan penarikan kesimpulan untuk menjawab masalah penelitian. Hasil penelitian adalah bahwasanya seorang guru Pendidikan Agama Kristen harus melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan mengimplementasikan perannya yang tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga harus berperan sebagai motifator, fasilitator, konselor, inspirator dan mentor bagi siswa dengan berpedoman kepada kebenaran Alkitab untuk menumbuhkan dan meningkatkan mentalitas siswa saat mengalami perundungan dalam pergaulan.   

Kata Kunci : guru PAK; mentalitas siswa; pendidikan agama Kristen; perundungan

Full Text:

PDF

References


Andar Gunawan Pasaribu, Stanley Abdi Sitorus1. “Upaya Guru PAK Dalam Membangun Iman Remaja.” Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 3 (2023).

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 45–59. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/84.

Asnawi, Mu’aliyah Hi. “Pengaruh Perundungan Terhadap Perilaku Mahasiswa.” Jurnal Sinestesia 9, no. 1 (2019): 33–39. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/46.

Aulia, Nurul, and Suryo Baskoro. “Representasi Aktor Sosial Kasus Perundungan Anak Pada Kompas.Com: Anlisis Kritis.” Jurnal MABASAN: Masyarakat Bahasa Dan Sastra Nusantara 17, no. 1 (2023): 2.

Esme Anggeriyane, Afif Azhar Abulkhair Jayadie, Rika Nor Afipah, Gita Nor Alifah Ramadhia, Galuh Heni Adelia, and Muhammad Zainuddin. “Mengatasi Bullying Dengan Edukasi Dan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Melalui Media Audiovisual.” Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul 1, no. 2 (2023): 104–12. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.54.

Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 33.

Et.all, Apriadi. “Perlindungan Anak Korban Tindakan Kekerasan.” Societas: Jurnal IlmuAdministrasi Dan Sosial 8, no. 2 (2019).

Gultom, andri fransiskus, Suparno, and ludovikus bomans Wadu. “Strategi Anti Perundungan Di Media Sosial Dalam Paradigma Kewarganegaraan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 3, no. 7 (2023): 7–13. https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/1689/1610.

Hidayat, M, Aulia, Firman Syah, and Andi Risfan Rizaldi. “Edukasi Pencegahan Perundungan Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 45 Biringbalang Kabupaten Takalar.” GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (2022): 56–64. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v2i2.293.

Larasati, Natalia Ayu, and Singgih Prastawa. “Menakar Efektifitas Guru Pak Dalam Memelihara Pertumbuhan Iman Siswa.” JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 4 (2023): 663–68.

Nabila, Pasha Amelia, Suryani Suryani, and Sri Hendrawati. “Perilaku Bullying Dan Dampaknya Yang Dialami Remaja.” Jurnal Ilmu Keperawatan Anak 5, no. 2 (2022): 1–12. https://doi.org/10.32584/jika.v5i2.1246.

Ndraha, Amurisi, Bilman Riang Harefa, and Elvilina Hulu. “Peran Guru PAK Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Membaca Alkitab.” HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2, no. 1 (2022): 1–12. https://doi.org/10.36588/hjim.v2i1.70.

Novianti, Chatarina, Maria Purnama Nduru, Bonevantura R. Seto, Siprianus, and Maria Finsensia Ansel. “Sosialisasi Perundungan ( Bullying ) Terkait Undang- Undang Perlindungan Anak Terhadap Siswa SDI Wolowona II” 4, no. 1 (2023): 295–98.

Nur, Reni, aeni Djadjas, and Raudah Zaimah Dalimunthe. “Profile of Bullying Behavior Against Class VIII Students of SMPN 5 Serang City Academic Year 2021/2022.” Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) 2, no. 3 (2022): 1165–80. https://journal.yp3a.org/index.php/mudima/index.

Parisma, Adryanti, Berta Bura, and Agnes Arung Bone. “Profesionalitas Dan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membendung Dekadensi Moral Di Era Society 5 . 0” 1, no. 4 (2023): 644–56.

Rahmelia, Silvia, Stephanus Prihadi, and Nopitha Nopitha. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Melalui Pendekatan Norma Agama Dan Perubahan Perilaku Dalam Mengatasi Bullying Antar Siswa Di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 4, no. 1 (2023): 40–50. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i1.142.

Sarah, Andrianti. “Peran Guru PAK Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 1, no. 2 (2018): 232–49.

Silaban, Diana Rotua. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Konselor Bagi Perubahan Perilaku Remaja Kelas X-Xi Di Sma Negeri 48 Jakarta Timur.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 3, no. 1 (2018): 22–44.

Simanjuntak, Ramses. “Dampak Keteladanan Yesus Sebagai Guru Agung.” Sanctum Domine 4, no. 2 (2016): 29–40. https://journal.sttni.ac.id/index.php/SDJT/article/view/24/20.

Situmeang, Erentika, and Dorlan Naibaho , Erfan Tanda Rindu Simanjuntak. “GURU PAK SEBAGAI KONSELOR TERHADAP MASALAH PESERTA DIDIK (REMAJA) DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.” Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 11302.

Sukmawati, Indah, Alfadha Henryan Fenyara, Arief Fadhilah Fadhilah, and Chahya Kharin Herbawani. “Dampak Bullying Pada Anak Dan Remaja Terhadap Kesehatan Mental.” Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2021 2, no. 1 (2021): 126–44.

Susanti, Isza Gita, and Ni Made Swasti Wulanyani. “Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Terhadap Perundungan (Bullying) Pada Remaja Awal Di Denpasar.” Jurnal Psikologi Udayana 6, no. 01 (2019): 182. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p18.

Tang, Indo, Wido Supraha, and Imas Kania Rahman. “Upaya Mengatasinya Perilaku Perundungan Pada Usia Remaja.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 14, no. 2 (2020): 93. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i2.3804.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” JURNAL FIDEI 1, no. 2 (2018): 219–31.

Tobing, Jessica, and Triana Lestari. “Pengaruh Mental Anak Terhadap Terjadinya Peristiwa Bullying.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (2021): 1882–89.

Wahyu Widamar, Anjang, Michael Jornal, Steven Pasaribu, ; Muhammad, Reihan Novendra, Muslim ; Muhammad, and Alvin Naf’an. “Persoalan Perundungan Di Lingkungan Sekolah.” Jurnal Mahasiswa Indonesia 1, no. 1 (2023): 1–1. https://doi.org/10.11111/jmi.xxxxxxx.

Wenda, Yowenus. “Peran Guru Pak Sebagai Motivator.” REGULA FIDEI Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2018): 1–13.

Zai, Suardin. Marampa, Eliezer R. “Edukasi Bullying Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Kristen.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 4 (2023): 539–45.

Zakiyah, Humaedi and Santoso. “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2017): 24–30.

Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 256.




DOI: https://doi.org/10.62738/ej.v4i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by: Sekolah Tinggi Teologi Blessing Indonesia Makassar
Institution Website: https://sttblessing.ac.id
Address: Jl. G. Bambapuang I. No.26 C. Lariangbangi, Kec.Makassar, Kota Makassar - Sulawesi Selatan 
e-jurnal Website: https://ojs.sttblessing.ac.id/index.php/eulogia/index

e-ISSN: 2829-8381

p-ISSN: 2962-9349

EULOGIA indexed by:

     

 

Slot gacor 88