Pentingnya Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0

Agus Prihanto, Kadek Eunike Dwi Nirmala Putri

Abstract


In the Industrial Revolution Era 4.0, developments and changes in technology occur rapidly. This change is especially marked by the existence of a cyber-physical. The Industrial Revolution Era 4.0 affects every aspect of life, including in the field of education. This causes teachers as educators to be required to improve their quality to keep pace with technological developments in the Industrial Revolution Era 4.0.This article uses descriptive qualitative research methods. The main discussion in this article is about how important is for a Christian Religious Education teacher to have competence in facing the challenges of the Industrial Revolution Era 4.0. This article is presented descriptively using data sources from journal articles, proceedings,books, and other secondary sources.Teacher competence becomes a reference in improving the quality of each teacher. Pedagogic competence, social competence, professional competence, personality competence, and spiritual competence are the standards for improving the quality of teachers, especially Christian Religious Education teachers. Each of these competencies must be continuously improved by every teacher to answer every challenge that exists in the Industrial Revolution 4.0 Era. Challenges in the Industrial Revolution Era 4.0 include accelerating developments in technology, moral degradation, shifting educational values, and affecting spiritual and moral life.

  

 

Abstrak 

Pada Era Revolusi Industri 4.0 perkembangan dan perubahan dalam bidang teknologi terjadi dengan sangat cepat. Perubahan ini khususnya ditandai dengan adanya sistem cyber physical. Era Revolusi Industri 4.0 ini mempengaruhi dalam setiap aspek bidang kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Hal ini menyebabkan guru sebagai pendidik dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas mereka agar dapat mengimbangi terjadinya perkembangan teknologi di Era Revolusi Inustri 4.0 ini.Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pokok pembahasan pada artikel ini tentang bagaimana pentingnya seorang guru Pendidikan Agama Kristen memiliki kompetensi dalam menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Artikel ini disajikan secara diskriptif dengan menggunakan sumber data dari artikel jurnal, prosiding, buku-buku dan sumber sekunder lainnya.Kompetensi guru menjadi acuan dalam peningkatan kualitas setiap guru. Kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi spritual menjadi standar dalam peningkatan kualitas guru, khususnya guru Pendidikan Agama Kristen. Setiap kompetensi ini harus terus ditingkatkan oleh setiap guru untuk menjawab setiap tantangan yang ada pada Era Revolusi Industri 4.0. Tantangan pada Era Revolusi Industri 4.0 antara lain percepatan perkembangan dalam teknologi, degradasi moral, pergeseran nilai-nilai pendidikan, mempengaruhi kehidupan spritual dan moral kehidupan.Kata Kunci : Kompetens, Revolusi Industri 4.0.

 

Full Text:

PDF

References


Amir, Abdul Saidir, 4 Kompetensi Guru Profesional (Yogyakarta, Deepublis, 2019).

Astuti, S.B. Waluya, M. Asikin,.Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Indostri 4.0, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 2019 Universitas Negri Semarang; file:///D:/KARYA%20TULIS/JURNAL/Strategi%20Pembelajaran%20dalam%20menghadapi%20tantangan%20era%20industri%204.0.pdf

D. Tapscott (1997). The Digital Economy: Promise and Peril in The Age of Networked Intelligence (New York: McGraw-Hill,1997). Dikutip dari Wartomo, Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting)VIII Peran Guru dalam Pembelajaran Era Digital

Departemen Agama RI, Undang-Undang Dan Peraturan Pemerintah Tentang Pendidikan (Jakarta: 2006)

Dinas Pendidikan Riau, Pentingnya Guru Menguasai Kompetensi Pedagogik, tersedia di http://disdik.riau.go.id/home/beritata. Publish tanggal : 12 Oktober 2018

Direktorat Tenaga Kependidikan, Penilaian Kinerja Guru (Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional,2008)

Fonna, Nurdianita, Pengembangan Indutsri 4,0 dalam Berbagai Bidang (Guepedia.com)

Grace, Magdalena K Tindagi, ”Sosok Guru Agung (Kompetensi dan Profesionalitas Dasar Guru PAK”, Jurnal Missio Ecclesia vol 5. no.1, teredia di https://jurnal.i3batu.ac.id/index.php/me/article/view/55

Kriyantono, Rahmat, Teknik Praktis Riset Komunikasi,6th ed (Jakarta:Kencana Prenada Media Grup,2012).

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta, Rajawali Pers, 2010).

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta:Rajawali Pers, 2010)

Lyles. R., Teachers and professionalism. The learing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas (2015), 548–550.https://doi.org/10.1080/00098655.1956.11476490

M.Kinsey, Digital Tecnoology Menuju Revolusi Industri 4.0 (Digit.Tecnol,2016)

Muthmainnah, R.J., Kompetensi Guru: Urgensi dan Kompetensi yang Perlu Dimiliki dan Dikembangkan di Era Globalisasi, tersedia di https://kompetensi guru di Indonesia.com.

Retnaningsih, Duwi, Tantangan dan Strategi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Prosiding Seminar Nasional Vol 1 No.1 tahun 2019. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5624

Sahertian, Pied A., Ida Aleida, Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education (Surabaya: Usaha Nasional,1990)

Sianipar, Desi, Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Era Industri 4.0, Prosiding Seminar dan call papers 7 November 2018 Universitas Kristen Indonesia. https://www.researchgate.net/profile/Desi-Sianipar/publication/338215629_Kepemimpinan_Guru_Agama_Kristen_di_Era_40/links/5e07a38d4585159aa4a24a3e/Kepemimpinan-Guru-Agama-Kristen-di-Era-40.pdf

Siswanto, Wahyudi, Membentuk Kecerdasan Spritual Anak: Pedoman Penting bagi Orang Tua dalam Mendidik Anak, (Jakarta: Amzah,2010)

Siswoyo, Dwi, Ilmu Pendidikan (Yogyakarta:UNY Press, 2013)

Sukartono, Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia (FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017)

Suransi, Selfia, “Makalah Kompetensi Guruu Pendidikan”, tersedia di http://selfiasuransi.blogspot.com/2017/02/makalah-kompetensi-guru-pendidikan.html.

Syamsua dan Reflianto, Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal E-TECH Vol 6 No.12 tahun 2018. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/101343/100535#

Syamsua dan Reflianto, Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal E-TECH Vol 6 No.12 tahun 2018. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/101343/100535#

Tanzil, Assoclates, Kompetensi Pedagogik Khusus untuk Guru, http://repositori.uin-alauddin.ac.id/368/1/SKRIPSI%20MUHLIS.pdf

Victorynie, Irnie, Kompetensi Spritual Guru dalam Mencapai Tujuan Pendidikan yang Komperhensif, Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia. ISSN: 2541-0849; e-ISSN: 2548-1398. Vol. 3, No. 11 November 2018. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/488/729

Yulianti, Widya, Profesionalisme, Standar Kompetensi dan Pengembangan, ed Saur Hasugian, 1st ed (Bandung:Bina Media Informasi, 2009)

Zai, Odaligo, “Peran Kompetensi Guru PAK dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Kwitang 2 PSKD Jakarta Pusat”, http://stthamijakarta.blogspot.com.




DOI: https://doi.org/10.62738/ej.v1i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs slot gacor

Published by: Sekolah Tinggi Teologi Blessing Indonesia Makassar
Institution Website: https://sttblessing.ac.id
Address: Jl. G. Bambapuang I. No.26 C. Lariangbangi, Kec.Makassar, Kota Makassar - Sulawesi Selatan 
e-jurnal Website: https://ojs.sttblessing.ac.id/index.php/eulogia/index

e-ISSN: 2829-8381

p-ISSN: 2962-9349

EULOGIA indexed by:

     

 

slot gacor

Lumi777

slot gacor

situs slot

situs slot

situs slot

beton 138