Efektivitas Aplikasi YouTube sebagai Media Pembelajaran Sekolah Minggu: Studi pada Gereja Golden Gate Community Church, Semarang
Abstract
The rapid development of the era in the technology field has significantly impacted aspects of human life. It is the same with teaching and learning activities in Sunday schools. The activities also use electronic tools such as hardware and software as learning media. Many digital platforms have emerged that are used as teaching media, including YouTube. This research was conducted to find out whether the YouTube platform is effectively used as a medium in Sunday School learning. The authors applied qualitative field research methods at the Golden Gate Community Church Semarang (G2CC) in this study. The data collection technique in this study is by conducting observations and interviews. This research makes Sunday school learning more accessible for students to understand. Sunday school learning activities have become more attractive. Teachers can implement YouTube-based learning media well. Learning media with the YouTube platform is one of the media that can be an effective learning tool for both students and teachers themselves.
Abstrak
Perkembangan jaman dalam bidang teknologi yang begitu pesat memberikan dampak yang sangat besar dalam aspek kehidupan manusia. Sama halnya dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah minggu, dimana saat ini kegiatan yang dilakukan juga menggunakan alat-alat elektronik dalam bentuk hardware maupun software sebagai media pembelajaran. Banyak platform digital yang bermunculan yang digunakan sebagai media pembelajaran salaha satunya adalah YouTube. Penelitian ini dilakukan sebagai sebuah tujuan untuk mengetahui apakah platform YouTube efektif digunakan sebagai media dalam pembelajaran Sekolah Minggu. Dalam penelitian ini penulis menerapkan metode kualitatif penelitian lapangan di gereja Golden Gate Community Church Semarang (G2CC). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi serta wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran sekolah minggu menjadi lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Kegiatan pembelajaran sekolah minggu menjadi lebih menarik. Guru-guru mampu mengimplementasikan media pembelajaran berbasis YouTube secara baik. Media pembelajaran dengan platform YouTube merupakan salah satu media yang dapat menjadi sarana pembelajaran yang efektif baik bagi peserta didik maupun guru-guru itu sendiri.
Full Text:
PDFReferences
Arham, Mutmainnah. “Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran.” Academia Education, 2020, 1–13.
Ariefin, Dwi. Media Pembelajaran Teknologis. Semarang: CV. Lentera Hikmat, 2018.
Badariah, Siti. Pengembangan Media Pembelajaran. AL-Ahya. Vol. 01. Yayasan Kita Menulis, 2019.
Baihaqi, Achmad, and Dkk. “Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Di SMK Nurul Yaqin Sampang.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 07, no. 01 (2020): 74–88.
Baskoro, Paulus Kunto, and Yonatan Alex Arifianto. “Dampak Pengajaran Guru Sekolah Minggu Terhadap Kesetiaan Anak Dalam Ibadah Sekolah Minggu.” DUNAMOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2022): 67–83.
Cahyono, Guntur, and Nibros Hassani. “Youtube Seni Komunikasi Dakwah Dan Media Pembelajaran.” Al-Hikmah 13, no. 1 (2019): 23. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v13i1.1316.
Hamid, Mustofa Abi, Rahmi Ramadhani, Masrul Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif Jamaludin, and Janner Simarmata. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.
Khotimah, Husnul, Asep Supena, and Nandang Hidayat. “Meningkatkan Attensi Belajar Siswa Kelas Awal Melalui Media Visual.” Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 1 (2019): 17–28.
Luhsasi, Dwi Iga, and Arief Sadjiarto. “Youtube: Trobosan Media Pembelajaran Ekonomi Bagi Mahasiswa.” Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan 5, no. 2 (2017): 219. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p219-229.
Pilland, Harry M. Perkembangan Gereja Dan Penginjilan Melalui Sekolah Minggu. Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 1984.
Pratiwi, Brillianing, and Kusnindyah Puspito Hapsari. “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 2 (2020): 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238.
Purwono, Joni. “Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 2 (2014).
Riyana, Cepy. Media Pembelajaran. KEMENAG RI, 2012.
Sanjaya, Yusuf. Perencanaan & Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2008.
Sari, Lurita. “Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Tawadhu 4, no. 1 (2020): 1074–84.
Sasmita, Rimba Sastra. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar.” In Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2:99–103, 2020. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.
Sidjabat, B. S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2017.
Sistadewi, MA. “Penggunaan Media Youtube Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Sekolah Tatap Muka Terbatas.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 10, no. 2 (2019): 186–94.
Susanti, Lidia. “Penggunaan Teknologi Dalam Pengajaran Sekolah Minggu Di Era Digitalisasi.” PROSIDING PELITA BANGSA 1, no. 1 (2022): 26–31.
Susilo, Eunike Anggraeni, Yonatan Alex Arifianto, and Wulan Agung. “Nilai-Nilai Etis Teologi Pendidikan Anak Dan Nilai Pancasila Dalam Kode Etik Guru Sekolah Minggu.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 2 (2022): 1–15.
Tutiasri, Ririn Puspita, Niko Kurniawan Laminto, and Karim Nazri. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19.” Juurnal Komunikasi Masyarakat Dan Keamanan (KOMASKAM) 2, no. 2 (2020): 1–15.
Zaluchu, Sonny Eli. Sistematika Dan Analisis Data Riset Kuantitatif. Semarang: Golden Gate Publishig, 2019.
DOI: https://doi.org/10.62738/ej.v2i2.40
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by: Sekolah Tinggi Teologi Blessing Indonesia Makassar
Institution Website: https://sttblessing.ac.id
Address: Jl. G. Bambapuang I. No.26 C. Lariangbangi, Kec.Makassar, Kota Makassar - Sulawesi Selatan
e-jurnal Website: https://ojs.sttblessing.ac.id/index.php/eulogia/index
e-ISSN: 2829-8381
p-ISSN: 2962-9349
EULOGIA indexed by: